Personal Branding Muflihun Sebagai Penjabat Wali Kota Pekanbaru Melalui Media Sosial Instagram @muflihun.sstp.map
Keywords:
Personal Branding, Komunikasi Politik, Media InstagramAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dengan mendeskripsikan serta melakukan analisis apa yang menjadi Personal Branding Muflihun Sebagai Penjabat Wali Kota Pekanbaru Melalui Media Sosial Instagram @mufhilun.sstp.map. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif, dengan data yang didapatkan dari wawancara mendalam dengan pengelola media sosial Muflihun, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Milles dan Huberman yang berupa reduksi data, menyajikan dan menyimpulkan data. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwasanya personal branding Muflihun di instagram dalam 8 konsep personal branding dari Peter Montoya sebagai berikut: (1) Spesialisasi, Muflihun ditampilkan sebagai pemimpin yang paham akan tata kelola pemerintahan; (2) Kepemimpinan, Muflihun merupakan pemimpin yang demokrasi; (3) Kepribadian, Muflihun merupakan sosok yang religius; (4) Perbedaan, Muflihun menunjukkan kecintaan terhadap budaya melayu dan klub bola PSPS Riau; (5) Visibilitas, Muflihun sosok yang tegas, muda dan religius; (6) Kesatuan, apa yang ditampilkan di instagram berbanding lurus dengan kehidupan aslinya; (7) Keteguhan, Muflihun konsisten ditampilkan sebagai pemimpin yang tegas, muda dan religius; (8) Nama baik, hasil kinerja Muflihun kerap kali medapatkan penghargaan