Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Platform Belanja: E-commerce Tiktok Shop dan Pasar Tradisional pada Mahasiswa FISIP UMRAH
Keywords:
Pemilihan Platform Belanja, Perilaku Konsumtif, MahasiswaAbstract
Penelitian ini mengangkat fenomena “Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Platform Belanja: E-commerce Tiktok Shop dan Pasar Tradisional pada Mahasiswa FISIP UMRAH" adalah kualitatif, dengan fokus pada penelitian deskriptif yang mengumpulkan data tentang komunikasi lisan, tertulis, dan perilaku individu yang diamati. Penggunaan platform E-commerce TikTok Shop telah menjadi populer di kalangan mahasiswa, memberi mereka kesempatan untuk berbelanja secara praktis dan bahkan menjalankan bisnis mereka sendiri. Penelitian ini mengadopsi konsep masyarakat konsumen Jean Baudrillard dalam teori konsumerisme. Teori konsumerisme Jean Baudrillard berpendapat bahwa konsumsi bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan dasar, tetapi juga tentang menciptakan makna dan identitas. Masyarakat konsumen adalah masyarakat yang aktivitas konsumsinya lebih didasarkan pada keindahan dibandingkan kegunaan dari suatu barang. Menurut Baudrillard, masyarakat konsumen adalah masyarakat yang nilai dan identitas individunya ditentukan oleh produk yang dikonsumsinya. Dalam konteks suatu belanja, teori ini dapat diterapkan untuk memahami bagaimana konsumen memilih platform belanja. Konsumen tidak hanya memilih platform berdasarkan fungsionalitasnya, tetapi juga berdasarkan simbolisme yang melekat pada platform tersebut. Perilaku konsumtif adalah fenomena umum di era modern ini, dipengaruhi oleh tekanan sosial, kebutuhan akan ekspresi identitas, dan kurangnya kesadaran tentang pentingnya manajemen keuangan. Dampak dari perilaku konsumtif ini bisa serius, baik secara finansial maupun emosional, sehingga penting bagi tempat pendidikan dan keluarga untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai uang dan manajemen keuangan yang bijak karena adanya perilaku tersebut. Dengan demikian penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam memilih plaftform belanja yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, serta melihat bagaimana perilaku konsumtif dan Pengalaman yang dapat dirasakan oleh mahasiswa FISIP UMRAH.