Analisis Pre-konsepsi Peserta Didik Terhadap Konsep Ikatan Kimia, Konteks Pewarnaan Kain Batik Dan Hubungan Keduanya
Keywords:
Model of Educational Reconstruction, students preconceptions, chemical bondingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pre-konsepsi peserta didik terhadap konsep ikatan kimia, konteks pewarnaan kain batik dan hubungan keduanya. Penelitian ini mengacu pada Model of Educational Reconstruction (MER) yang dibatasi pada tahap investigasi pre-konsepsi peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar analisis teks, dan lembar validasi rancangan bahan ajar. Data penelitian yang diperoleh berupa transkrip wawancara peserta didik kelas XI . Hasil penelitian adalah (a) pre-konsepsi peserta didik terhadap konsep ikatan kimia, (b) pre-konsepsi peserta didik terhadap konteks pewarnaan kain batik, (c) pre-konsepsi peserta didik terhadap hubungan antara konsep ikatan kimia dengan konteks pewarnaan kain batik.